Tips menjaga kesehatan dan pola hidup sehat

Thursday 15 October 2015

9 Manfaat Buah Melon Beserta Kandungan Nutrisinya Lengkap

Buah melon merupakan buah yang berkarakter berdaging tebal dan lembut, serta memiliki kandungan air yang banyak. Buah ini memiliki sekumpulan biji didalam buahnya yang terpisah dengan dagingnya, berukuran kecil sebesar biji semangka. Siapa sangka buah yang kerap kali di konsumsi oleh masyarakat Indonesia ini memiliki kandungan khasiat atau manfaat yang luar biasa dan jarang diketahui masyarakat.

Khasiat buah melon yang sangat fenomenal diantaranya mampu mencegah serangan / penyakit jantung dan mencegah kanker. Tak hanya ini saja, khasiat buah melon akan kami ulas secara detail disertai dengan kandungan nutrisi yang ada didalamnya ( coba temukan khasiat buah-buahan lainnya disini )

khasiat dan manfaat buah melon untuk kesehatan dan nutrisi buah melon lengkap


Kandungan Lengkap Nutrisi Buah Melon

Tahukah anda tentang Buah Melon ?
Buah melon adalah buah dari salah satu jenis keluarga "Cucurbitaceae" yang dapat dimakan dan berdaging tebal. Kata "Melon" dapat merujuk pada sebuah objek penamaan tanaman itu sendiri maupun penamaan buah. Banyak sekali varietas atau jenis melon yang telah ada, salah satunya adalah jenis muksmelon yang sangat lezat dan manis

Fakta Nutrisi buah Melon

  • Jumlah : Takaran Yang Dihitung : 100 gr
  • Jumlah : Kalori : 28
  • Jumlah : Total Lemak : 0.1 g
  • Jumlah : Jenuh lemak 0 g 0%
  • Jumlah : Lemak Polyunsaturated 0 g
  • Jumlah : Serat makanan 0,9 g 3%
  • Jumlah : Gula 6 g
  • Jumlah : Lemak tak jenuh tunggal 0 g
  • Jumlah : Kolesterol 0 mg 0%
  • Jumlah : Sodium 9 mg 0%
  • Jumlah : Kalium 182 mg 5%
  • Jumlah : Karbohidrat 7 g 2%
  • Jumlah : Protein 1,1 g 2%
  • Jumlah : Vitamin A 0% vitamin C 36%
  • Jumlah : Kalsium 1% Besi 1%
  • Jumlah : Vitamin D 0% vitamin B-6 10%
  • Jumlah : Vitamin B-12 0% Magnesium 2%
    NB : Prosentasi nilai harian berdasarkan diet sebanyak 2.000 kalori. Nilai harian Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah, tergantung pada kebutuhan kalori Anda.

    sumber : Google - USDA Pemerintah Amerika


  • khasiat dan manfaat buah melon untuk kesehatan dan nutrisi buah melon lengkap

Manfaat dan Khasiat Buah Melon untuk Kesehatan

Sahabat, yuk kita simak berbagai manfaat rahasia buah melon yang bermanfaat bagi kesehatan kita. Apasaja manfaatnya, berikut selengkapnya :

  1. Mencegah Penyakit Stroke
    Dari 100g buah melon mengandung sebanyak 267 mb elektrolit, dan kalium. Seperti kita ketahui, kalium merupakan substrat penting dari sel dan cairan tubuh kita, yang dapat membantu mengatur detak jantung dan tensi darah.
  2. Meredakan Mulas
    Kandungan air dalam buah melon yang tinggi, yakni sekitar 90% apabila kita konsumsi dapat memberikan efek menenangkan. Oleh karena itu, buah melon juga dapat meredakan maag dan rasa mulas.
  3. Membuat Kulit Sehat
    Kandungan kolagen dalam buah melon dapat membantu merecovery penyembuhan luka yang terjadi di kulit. Kolagen adalah senyawa protein yang merupakan faktor penting dalam integrasi struktur sel dalam jaringan kulit.
  4. Melon Buah Untuk Diet
    Kadungan sodium yang rendah, bebas lemak, serta jumlah kalori yang kecil, sangat cocok dikonsumsi dalam program diet sahabat.
  5. Mencegah Serangan Jantung
    Kandungan adenosine sangat membantu mencegah penggumpalan sel darah merah pada pembuluh darah, sehingga buah melon sangat membantu melancarkan peredaran darah.
  6. Mencegah Kanker
    Karotenoid dalam buah melon sangat membantu dalam hal pencegahan penyakit kanker. Karotenoid adalah zat yang memberi warna pada buah dan sayuran. Pada buah melon, kandungan zat ini sangat tinggi sehingga dapat membantu mencegah kanker.
  7. Menjaga Kesehatan Mata
    Betakaroten dalam buah ini sangat berguna dalam hal meningkatkan ketajaman penglihatan mata. Selain itu beta karoten akan diuban menjadi vitamin A oleh tubuh, sehingga membantu kesehatan mata.
  8. Mencegah Radikal Bebas
    Buah melon sangat kaya akan kandungan anti oksidan berupa flavonoid layaknya beta karoten, zea-xanthin, lutein, dan cryptoxanthin. Antioksidan ini berfungsi melindungi sel-sel dan struktur lainnya dalam tubuh dari efek radikal bebas dari lingkungan sekitar kita.
    ( menarik, baca : Kenali dan Waspadai Radikal Bebas, Penyakit Mengancam Anda )
  9. Mencegah Diabetes
    Kandungan air sebanyak 90% dan gula alami serta rendah lemak dalam buah ini dapat sahabat konsumsi sebagai makanan sehat anda pengganti gula dapur. Bagi sahabat yang menderita penyakit diabetes, buah ini adalah salah satu pilihan yang tepat yang wajib anda konsumsi dalam membantu mencegah penyakit diabetes.