Tips menjaga kesehatan dan pola hidup sehat

Tuesday 27 October 2015

Mengenal Sumber, Manfaat dan Fungsi Vitamin A Bagi Kesehatan

Dari 4 Jenis Vitamin yang larut dalam lemak, Vitamin A ialah termasuk didalamnya. Vitamin A bermanfaat sangat penting bagi penglihatan mata kita, yakni turut membantu membentuk sistem penglihatan yang baik. Mengkonsumsi Vitamin A sangat dianjurkan untuk kesehatan mata kita, apalagi sumber makanan dari alam yang mengandung vitamin ini sangatlah banyak seperti dari buah-buahan.

Membahas mengenai Vitamin A, hal ini akan lebih merujuk pada kandungan senyawa retinol pada vitamin A. Fungsi retinol pada vitamin A sangatlah vital, yang paling berperan aktif dalam tubuh, termasuk untuk meningkatkan kesehatan mata menjadi lebih baik.


manfaat khasiat dan fungsi vitamin a bagi kesehatan tubuh manusia beserta sumber makanan yang mengandung vitamin a

Sumber Makanan Yang Kaya Mengandung Vitamin A

Jika kita berbicara mengenai kesehatan, maka sudah sepatutnya kita kembali ke alam. Kita harus mengkonsumsi makanan yang bebas pestisida / racun. Sahabat, berikut kami sajikan sumber makanan yang kaya akan kandungan Vitamin A, selengkapnya sebagai berikut :


manfaat khasiat dan fungsi vitamin a bagi kesehatan tubuh manusia beserta sumber makanan yang mengandung vitamin a

  1. Wortel
  2. Minyak Ikan
  3. Susu
  4. Keju
  5. Hati Sapi
  6. Cabai Merah
  7. Bayam
  8. Tomat
  9. Pepaya
  10. Buah Naga
  11. Apel

Manfaat dan Fungsi Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Kesehatan Mata
    Kandungan retinol dalam Vitamin A sangat berperan aktif dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan mata. Bekerja dengan senyawa rodospin, senyawa retinol membentuk pigmen / selaput yang sangat sensitif terhadap rangsangan cahaya, yakni untuk mengirim sinyal cahaya ke otak.
  2. Sistem Imun yang Baik
    Faktanya, Vitamin A juga berfungsi melindungi tubuh dari infeksi renik asing, misalnya bakteri patogen. Vitamin A akan mengingkatkan kinerja sel darah putih dan antibodi tubuh kita, sehingga tubuh menjadi kebal terhadap senyawa bersifat racun / toksin, maupun terhadap renik parasit ( bakeri jahat ).
  3. Mencegah Terjadinya KankerSistem imun yang ada pada vitamin A, dan juga antioksidannya turut membantu melawan sel kanker yang berkembang.
  4. Anti Oksidan
    Kandungan betakaroten dalam vitamin A sangatlah bermanfaat hubungannya dengan penangkalan radikal bebas. Senyawa antioksidan ini mampu mencegah kerusakan yang terjadi
    pada Genetika Manusia ( RNA & DNA ).

Takaran Konsumsi Vitamin A

Dosis harian yang umumnya dianjurkan adalah sebanyak 750 mcg. Menurut situs wikipedia Indonesia , Adapun hal-hal lain yang harus kita ketahui berhubungan dengan Vitamin A adalah : 
  • Akibat Kelebihan Vitamin A dalam Tubuh : 
    - Kerusakan Hati
    - Kerusakan Tulang, dan Penglihatan
    - Mual
    - Sakit Kepala
    - Nyeri Sendi
    - Iritasi
    - Rambut Rontok

    Tanda-tanda kelebihan Vitamin A :- Telapak tangan dan kelopak mata berwarna kuning
  • Gejala atau Akibat Kekurangan Vitamin A dalam Tubuh :
    -
    Penglihatan kabur
    - Kulit Kering
    - Gangguan Pernafasan
    - Penglihatan Rabun, bahkan Kebutaan

Kesimpulan

Mengkonsumsi vitamin adalah hal pokok yang harus kita lakukan dalam menjaga kesehatan tubuh kita. Alam telah menyediakan sumber vitamin yang melimpah dan menyehatkan. Mengkonsumsi vitamin harus dalam takaran yang dianjurkan. Vitamin A sangat baik, memberi manfaat khususnya bagi penglihatan mata kita dalam beraktifitas sehari-hari, maka jangan ragu untuk tetap mengkonsumsi buah, sayur, maupun makanan lainnya guna menjaga kesehatan organ kita.

red: bugaryuk