Tips menjaga kesehatan dan pola hidup sehat

Tuesday 20 October 2015

Kenali 13 Jenis Vitamin Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Anda

Beragam Jenis Vitamin - Seringkali kita mendengar istilah vitamin, mungkin dari diantara sahabat belum paham betul arti dari vitamin. Vitamin berasal dari istilah vital dan amine, yang kemudian disebut sebagai vitamin. Nama sebutan vitamin berasal dari bahasa latin, yakni vita yang bermakna hidup, dan amina atau amine yang berarti pada acuan gugus organik, yang memiliki atom nitrogen.

sumber vitamin


Arti Kata Vitamin

Vitamin adalah sekumpulan senyawa / zat organoleptik yang memiliki berat molekul kecil, berfungsi penting dalam tubuh, dalam hal ini kegiatan metabolisme setiap organisme hidup. Vitamin tidak dapat dihasilkan oleh tubuh.
 sumber vitamin - jenis vitamin


Jenis - Jenis Vitamin

Jenis vitamin sendiri sangat beragam, sampai saat ini telah diklasifikasikan sebanyak 13 jenis vitamin, yang sangat penting sekali manfaatnya bagi tubuh. 13 Jenis Vitamin tersebut antara lain :

  1. Vitamin A
  2. Vitamin B 1
  3. Vitamin B 2
  4. Vitamin B 3
  5. Vitamin B 5
  6. Vitamin B 6
  7. Vitamin B 7
  8. Vitamin B 9
  9. Vitamin B 12
  10. Vitamin C
  11. Vitamin D
  12. Vitamin E
  13. Vitamin K

Pengelompokan / Klasifikasi Umum Vitamin

Secara umum, vitamin dapat dikelompokkan menjadi 2, yaitu :

  1. Vitamin yang Larut dalam Lemak : Vitamin A, D, E, dan K
  2. Vitamin yang Larut dalam Air : Vitamin B, dan C

Tubuh sangat memerlukan vitamin dalam proses metabolismenya. Oleh karena itu, kita diwajibkan mejaga tubuh agar tak kekurangan vitamin. Kekurangan vitamin tentu dapat membuat kinerja tubuh menjadi tak maksimal, bahkan bisa berdampak penyakit. Misalnya, kekurangan viatmin C dapat menyebabkan bibir sariawan, dan masih banyak lagi contoh yang lainnya. Pemenuhan asupan vitamin dapat kita lakukan dengan cara mengkonsumsi buah - buahan dan sayuran yang menyehatkan, bebas pestisida tentunya.

Bagaimana sahabat, kita telah belajar bersama mengenai jenis - jenis vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, masih malas makan buah? pikirkan lagi, penyakit siap menyerang anda

red: bugaryuk