Tips menjaga kesehatan dan pola hidup sehat

Friday 23 October 2015

17 Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan dan Nutrisinya Lengkap

Manfaat Buah Alpukat - Buah yang berkulit hijau hingga berwarna ke unguan ini memiliki nama latin "Persea Americana" . Masyarakat Indonesia menyebutnya dengan nama Alpukat / Apokat / Avokad. Buah Alpukat seringkali kita konsumsi sebagai minuman Jus Alpukat, atau kudapan segar seperti Es Teler. Karakter buah yang berdaging tebal dengan sebuah biji besar didalamnya, buah ini berasa sedikit gurih dan enek. Tak heran. Dibalik kepopulerannya tersebut, ternyata manfaat atau Khasiat Buah Alpukat sangat banyak.


Penasaran apa saja Khasiat Buah Alpukat yang sangat baik bagi kesehatan ini, terlebih dahulu mari kita simak ulasan mengenai Kandungan nutrisi atau gizi dibalik Buah Alpukat ini.

Manfaat dan khasiat buah alpukat bagi kesehatan kulit, jantung, kanker, darah tinggi, dan kolesterol .

Kandungan Lengkap Nutrisi Buah Alpukat

Berikut adalah fakta kandungan nutrisi buah Alpukat, yang diteliti oleh lembaga penelitian USDA dari Amerika, selengkapnya disajikan seperti tabel berikut :

Jumlah Takaran Uji
100 gram
Jumlah Kalori
160
Jumlah Lemak
15 gram
Jumlah Lemak Jenuh
2,1 gram
Jumlah Lemak Tak Jenuh Ganda
1,8 gram
Jumlah Lemak Tak Jenuh Tunggal
10 gram
Jumlah Kolesterol
0 mili gram
Jumlah Sodium
7 mili gram
Jumlah Potasium
485 mili gram
Jumlah Karbohidrat
9 gram
Jumlah Serat Pangan
7 gram
Jumlah Gula
0,7 gram
Jumlah Protein
2 gram


Kandungan : Vitamin A = 146 IU
Kandungan : Vitamin C = 10 mili gram
Kandungan : Kalsium = 12 mili gram
Kandungan : Zat Besi = 0,6 mili gram
Kandungan : Vitamin D = 0 IU
Kandungan : Vitamin B6 = 0,3 mili gram
Kandungan : Vitamin B12 = 0 µg
Kandungan : Magnesium = 29 mili gram

Sumber terpercaya : Lembaga Riset Agrikultur USDA - Amerika


Setelah kita mengetahui fakta kandungan lengkap nutrisi yang terdapat pada buah alpukat, mari kita simak apa saja khasiat buah alpukat yang tentunya sangat baik bagi kesehatan manusia. Selengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Manfaat dan khasiat buah alpukat bagi kesehatan kulit, jantung, kanker, darah tinggi, dan kolesterol .


17 Manfaat dan Khasiat Buah Alpukat Yang Baik Bagi Kesehatan

  1. Mencegah Peradangan
    Selain sangat enak minum dalam bentuk Jus, nutrisi pada buah alpukat menurut penelitian ternyata mampu mencega peradangan.

  2. Menjaga Tekanan Darah
    Kanguna Potasim dalam buah alpukan yang luar biasa tinggi, yaitu sebanyak 485mg, ternyata merupakan nutrisi yang sanga bermanfaat untuk menjaga tekanan darah.
    ( baca juga : 12 Makanan Penurun Darah Tinggi yang WAJIB Anda Konsumsi )

  3. Sebagai Buah Diet
    Alpukat mengandung sebanyak 160 kalori pada setiap 100gram nya. Alpukat merupakan buah diet yang sangat baik, karena kandungan kalori yang tinggi, rendah lemak jenuh, dan gula

  4. Mencegah kanker
    Kandungan "Asam Oletat" dalam buah alpukat, berperan sangat aktif dalam melindungi tubuh mencegah gejala terjadinya penyakit kanker.

  5. Mencegah Penyakit Diabetes
    Faktanya, alpukat mengandung senyawa yang baik yang mengurangi kadar LDL ( kolesterol jahat ), serta meningkatkan tingkat HDL ( kolestero baik ).

  6. Menjaga Kesehatan dan Kecantikan kulit wajah
    Kandungan Vitamin E yang tinggi, serta karotenoid dan anti oksidan , mampu mencegah proses penuaan dini, serta melindungi kulit dari paparan sinar UV berlebih. Kandungan Vitamin C yang turut membantu dalam menciptakan elastin dan kolagen yang bermanfaat dalam menjaga kulit tetap elastis dan kencang.

  7. Mencegah Radikal Bebas
    Kandungan "Glutation" dalam buah alpukat merupakan antioksidan yang baik bagi tubuh untuk melawan radikal bebas.

  8. Menyembeuhkan Darah Tinggi / Hipertensi
    Kandungan "kalium" yang tinggi dalam buah alpukan turut mampu mengendalikan tekanan darah dalam tubuh.

  9. Membantu menyehatkan mata
    Dalam alpukat mengandung senyawa aktif "Carotenoid Lutein" yang banyak membantu menyehatkan mata kita.
    ( baca juga : Ini Dia Buah dan Sayur Yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Mata )

  10. Sebagai Anti Inflamasi
    "Polyphenol" dan "flavonoid" merupakan senyawa dari jenis "Phytonutrien" ternyata mengandung sifat anti inflamasi, sehingga juga dapat mengurangi gejala degeneratif.

  11. Menjaga kesehatan Jantung
    Buah alpukat mengandung vitamin B6 dan asam folat yang sangat baik mengatur tingkat homocysteine. tak hanya itu saja, buah alpukat juga kaya akan Vitamin E, lemak tak jenug tunggal, serta Glutathione dan juga kaya Vitamin A yang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan Jantung.

  12. Meredakan penyakit radang sendi
    Buah alpukat mengandung anti inflamasi yang baik sebagai makanan yang membantu mengurangi rasa sakit sendi dan pada rematik.

  13. Mencegah cacat lahir

    Kebutuhan folat harian anda dapat terpenuhi sekitar 23% dengan mengkonsumsi 1 cangkir jus alpukat. Kandungan vitamin B dan folat ini biasa dikenal dengan foli acid. Salah satu fungsi folat adalah mencegah cacat lahir pada bayi, misalnya mencegah terjadinya spina bifida dan cacat syaraf.

  14. Menurunkan Kolesterol
    Dalam sebuah riset, menemukan fakta bahwa dalam sebutir buah alpukat, mengandung senyawa yang disebut "beta sitosterol" yang sangat bermanfaat menurunkan tingkat kolesterol darah.

  15. Mengurangi Gejala Stroke
    Kandungan Folat pada alpukat, seperti kita ketahui sebelumnya bahwa folat ini sangat bermanfaat menjaga kesehatan jantung serta melindungi dari gejala stroke. Dalam sebuah penelitian, seseorang yang sedang menjalani diet dengan mengkonsumsi asupan folat yang cukup, ternyata lebih cenderung terhindar dari gejala stroke.

  16. Memiliki kandungan Anti Sifat Penuaan
    Glutathione dalam buah alpukat bermanfaat untuk sistem imun atau kekebalan tubuh, memperlambat aging atau proses penuaan, serta membentuk sistem syaraf yang sehat.

  17. Meningkatkan Penyerapan Nutrisi
    Dalams sebuah riset membuktikan fakta bahwa ketika seseorang memakan salad dan alpukat, maka makanan tadi terbukti menyerah 5 kali lebih banyak carotenoid ( salah satu jenis nutrisi )

red: bugaryuk